Pendampingan 24 jam

Salam kemanusiaan…

Memang belum banyak posko pendampingan di lokasi bencana dalam waktu 24 Jam. Bagaimana mungkin mereka kembali semangat,tetap ibadah,dan merubah lokasi bencana menjadi lokasi dan liburan mereka yang menyenangkan?

Peran ini bisa anda ambil baik lembaga atau ormas yang berperan di lokasi bencana. Ga sulit kok… anda buka posko yang dapat menampung pengungsi saat kejadian di lokasi bencana.

Namun perlu diperhatikan hal-hal berikut :

1.MCK yang memadai untuk jumlah pengungsi di lokasi posko anda. Idealnya jika 150 orang MCK 2-3.

2.Membuat Buku Penerima Tamu. Agar siapa yang datang dan memberikan donasi tercatat. Tidak asal saja dengan lisan karena mudah lupa. Jika tercatat mudah mengenal jejak apabila kembali yang kedua.

3.Pengaturan Kegiatan untuk Anak dan Orangtua. Agar anak” tidak kelelahan jika dalam sehari trauma healing sampai 4x lebih. Idealnya 2-3 bermain sudah cukup. Orangtua bisa edukasi ASI,edukasi Kesehatan,himbauan tidak merokok dilokasi bencana/Posko.

4.Berkomunikasi dengan relawan lokal agar mudah dalam mendistribusikan barang dan sembako untuk penyitas. Dengan komitmen yang disepakati. LeadRelawan harus ada.

5.Menyiapkan Grup/Kontak Penting. Ketika anda membutuhkan team medis,team Evakuasi dan bantuan lainya menjadi cepat dan mudah.

Semoga bermanfaat dan bisa anda bagikan …

Rekening GePPuk

BCA KCU MargondaNomer Rekening 869-153-5738A/n Dhita Windi Wardani

Leave a Comment